Apa itu OpenSea? Dan Apa Hubunganya dengan NFT? Berikut Penjelasanya

- Kamis, 13 Januari 2022 | 11:51 WIB

Diorama.id - Saat ini tengah viral tentang OpenSea yang merupakan sebuah market pasar penjualan Non Fungible Token(NFT) yaitu sebuah alat aset digital untuk masyarakat dimana orang itu memiliki aset digital yang dapat di investasikan.

OpenSea sendiri sebagai market adalah tempat penjualan dan pembelian NFT yang dibangun diatas Blokchain oleh dua orang bernama Devin Finzer dan Alex Atallah.

Mereka terinspirasi setelah bergabung di komunitas pengguna awal CryptoKitties di Discord, dikutip dari laman resmi OpenSea, keduanya lantas memberanikan diri untuk mendirikan OpenSea versi beta di bulan Desember 2017!

Walau OpenSea hadir di tahun yang sama dengan CryptoKitties. Namun, OpenSea hadir sebagai pasar terbuka pertama untuk setiap token yang sebelumnya tidak bisa dipertukarkan di blockchain Ethereum.

Baca Juga: Cuitkan Tentang NFT, Mike Shinoda dari Linkin Park Dikritik Pedas oleh Developer Game

Dalam transaksinya, mayoritas pengguna OpenSea menggunakan mata uang ETH/ Ethereum. Namun dalam situs resminya sendiri mengatakan bahwa OpenSea memiliki mata uang resmi ETH(Ethereum)\WETH, USDC dan DAI.

Namun, para pengguna juga tetap bisa menggunakan mata uang $UNI dan $WHALE karena mereka sebenarnya memiliki total 150 pembayaran mata uang. Walau begitu, sampai saat ini NFT masih belum bisa menggunakan mata uang non-krypto seperti USD atau IDR sekalipun.

Dalam transaksinya, pada dasarnya, Ether atau ETH adalah cryptocurrency asli dari blockchain Ethereum. Dimana ETH digunakan untuk membayar biaya transaksi (gas fees) di blockchain Ethereum.

Halaman:

Editor: Rizki Arif Priyanto Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tutorial Cara Cek Game yang Kompatibel di Steam Deck

Sabtu, 22 Januari 2022 | 11:00 WIB

7 Tempat Download Game PC Aman Tanpa Malware

Jumat, 21 Januari 2022 | 10:00 WIB

127 Istilah Game yang Wajib Diketahui Pemula

Kamis, 20 Januari 2022 | 10:00 WIB

7 Game Terbaru yang Dirilis Januari 2022, Minggu Kedua

Minggu, 16 Januari 2022 | 15:00 WIB

10 Game Android yang Paling Ditunggu-tunggu di 2022!

Minggu, 16 Januari 2022 | 14:19 WIB
X