Kalahkan Qualcomm, Mediatek Pimpin Pasar Penjualan Chipset Mobile Q2 2021

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 20:11 WIB
Mediatek logo (Sumber: MediaTek)
Mediatek logo (Sumber: MediaTek)

Diorama.id - Sebuah laporan dari lembaga riset pasar Counterpoint Research baru-baru ini mengumumkan pasar prosesor seluler pada kuartal kedua tahun ini. Dalam kesempatan itu, mereka melaporkan bahwa MediaTek telah memantapkan dirinya sebagai pemimpin dan merajai sektor penjualan di pasar chipset mobile kuartal dua tahun 2021.

Dan hasil ini ternyata menjadi rekor bagi pembuat chip asal Taiwan tersebut. Untuk pertama kalinya dalam sejarahnya, mereka sukses menguasai lebih dari 40% pasar chip seluler.

Baca Juga: Tecno Camon 18 Bakal Miliki Kamera Berkemampuan Optical Zoom 5x dan 60x Zoom Hybrid

Para ahli menyimpulkan bahwa pangsa MediaTek menyumbang 43% dari pasar prosesor, sementara sebelumnya angka ini berada di level 37%.

Dan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, keberhasilan perusahaan Taiwan itu terlihat lebih mengesankan, karena setahun sebelumnya mereka hanya sukses menguasai pasar 26%.

Ranking Penjualan Mobile Chipset Q2 2021 (Sumber: Counterpoint))

Tempat kedua pada kuartal kedua tahun ini jatuh ke tangan Qualcomm, yang menyumbang 28% dari pasar untuk chip ponsel dan turun 4% YoY. Di baris ketiga adalah Apple, yang pangsanya 14%. Ini adalah hasil yang sama tahun lalu, tetapi juga 7% lebih rendah dari pada kuartal keempat tahun lalu.

Ada banyak alasan untuk mengatakan bahwa menurut hasil dekade ketiga dan keempat tahun ini, Apple akan memperkuat posisinya dan pangsanya akan tumbuh dengan dimulainya penjualan iPhone 13.

Baca Juga: Samsung Hentikan Tampilkan Iklan Pada Smartphone Miliknya

Halaman:

Editor: Rizki

Tags

Terkini

Akhirnya Xiaomi 11T Juga Dapatkan Update MIUI 14!

Senin, 30 Januari 2023 | 08:00 WIB
X