Oppo Dilaporkan Tengah Kembangkan Chip Untuk Ponsel Flagshipnya

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 16:50 WIB
Oppo
Oppo

Diorama.id - Oppo dikabarkan tengah mengembangkan chip miliknya sendiri untuk ponsel flagshipnya. Oppo mengatakan bahwa mereka ingin merilis kustom SoC milik Oppo pada tahun 2023 atau 2024 tergantung dari kecepatan pengembangan dengan menggunakan teknologi TSMC 3nm untuk pengembangan chip milik mereka.

Jika berhasil, Oppo bisa menjadi salah satu brand smartphone paling besar yang bisa mengkontrol desain dari SoC mereka. Beberapa saat yang lalu, Google berhasil merilis Pixel 6 dan 6 Pro, ponsel pertama yang memiliki kustom SoC bernama Tensor. Apple dan Samsung sendiri juga telah mendesain chip smartphone mereka sendiri seperti Huawei sebelum Amerika Serikat menghancurkan bisnis mereka.

Oppo

Sampai sekarang Oppo menggunakan chip dari Qualcomm dan MediaTek, sama seperti ponsel pintar smartphone lainnya sejak masalah yang ada dari Huawei. Xiaomi sendiri mendesain dan merilis SoC untuk ponsel low-end bernama Surge S1 untuk Mi 5C di tahun 2017, namun mendapatkan keterbatasan karena komponen kedua seperti signal proses.

Oppo merupakan salah satu dari 4 brand paling besar di dunia menurut IDC, dan Qualcomm yang merupakan pemasok utama dari Qualcomm seperti nya akan mendapatkan kerugian yang besar jika Oppo berhasil mendesain SoC tersebut.

Ya, walaupun begitu keterbatasan chip memang menjadi masalah yang besar untuk pengembangan ponsel pintar sekarang ini. Tak mengherankan jika perusahaan produksi smartphone seperti Oppo ingin mengembangkannya mulai sekarang agar tidak terjadi masalah kedepannya seperti sekarang ini.

Editor: Andi Permana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X