Kota Kripto Pertama di dunia Bernama 'Bitcoin City' Akan Dibangun di El Savador

- Senin, 22 November 2021 | 20:45 WIB

Diorama.id - Otoritas pemerintah Kota El Salvador berencana membangun kota yang didedikasikan untuk bitcoin di negara tersebut. Proyek tersebut diberi nama 'Kota Bitcoin'. Hal ini dinyatakan oleh Presiden Nayib Bukele pada konferensi Bitcoin Week. 

Menurutnya, kota itu akan berbentuk bulat, dan di tengahnya akan dibuat kompleks pameran berbentuk simbol 'B' raksasa. 

Nantinya, penduduk 'Kota Bitcoin' akan dibebaskan dari semua pajak (penghasilan, properti, keuntungan modal, dll.), kecuali PPN. Selain itu, kota baru akan menggunakan sumber energi panas bumi terbarukan secara eksklusif.

Baca Juga: WhatsApp Tengah Kembangkan Fitur 'Reaksi' Untuk Mengakhiri Pembicaraan Dengan Mudah

Untuk membiayai pembangunan Kota Bitcoin, otoritas El Salvador akan menerbitkan obligasi 10-tahun tokenized senilai $ 1 miliar. Mitra negara dalam proyek ini adalah Bitfinex dan Blockstream. CTO Bitfinex Paolo Ardoino mengatakan perusahaan akan mengembangkan platform bagi otoritas negara untuk membuat aset tokenized.

Direktur keamanan Blockstream Samson Moe menjelaskan bahwa dana yang diperoleh dari penerbitan obligasi akan dibagi dua. $ 500 juta akan diinvestasikan dalam bitcoin selama lima tahun, dan sisa $ 500 juta akan dihabiskan untuk menciptakan infrastruktur perkotaan dan mengatur penambangan bitcoin.

Jadi, El Salvador adalah negara pertama di dunia di mana bitcoin memiliki status legal tender (setara dengan dolar AS). Pada 7 September, undang-undang terkait mulai berlaku di negara tersebut. 

Pada hari yang sama, pihak berwenang membeli 550 bitcoin pertama. Pembelian bitcoin tambahan dilakukan oleh otoritas El Salvador pada 20 September (150 BTC) dan 28 Oktober (420 BTC).

Halaman:

Editor: Rizki

Tags

Terkini

Fitur Twitter 2.0 yang Diungkapkan oleh Elon Musk!

Senin, 28 November 2022 | 18:00 WIB

70% dari Layar iPhone 14 Ternyata Gunakan Samsung OLED

Jumat, 25 November 2022 | 21:00 WIB
X