Produsen Tiongkok Umumkan GPU Baru, Saingan Baru AMD dan NVIDIA?

- Kamis, 2 Desember 2021 | 18:43 WIB
Perusahaan Tiongkok umumkan kartu grafis baru untuk saingi AMD dan NVIDIA / Innosilicon
Perusahaan Tiongkok umumkan kartu grafis baru untuk saingi AMD dan NVIDIA / Innosilicon

Diorama.id – Sebuah produsen GPU asal Tiongkok bernama Innosilicon baru saja mengumumkan kartu grafis baru mereka yang disebut akan jadi saingan baru AMD dan NVIDIA.

Baca Juga: Seseorang Berhasil Tamatkan Skyrim Hanya dalam Waktu 1 Jam

Menurut laporan MyDrivers, ITHome, dan Videocardz, GPU baru Innosilicon bernama Fantasy One ini dikembangkan berdasarkan BXT Imagination graphics setelah kerjasama kedua perusahaan asal Tiongkok tersebut.

Kartu grafis Type A / Innosilicon

Sayangnya spesifikasi GPU baru dari Innosilicon masih termasuk belum jelas. Mereka memiliki dua versi GPU yang dinamai Type A dan Type B dengan spesifikasi kurang lebih mendekati AMD Radeon RX 6700 XT dan RX 6600 XT.

Type A miliki 16GB GDDR6 (X) RAM dan kekuatan komputasi hingga 5 Teraflops. Sementara Type B miliki RAM dan kekuatan dua kali lipat dari Type A berkat konektor buatan Innosilicon bernama Innolink. Keduanya mendukung hampir semua API grafis yang didukung di komputer modern mulai dari OpenGL hingga Vulkan.

Kartu grafis Type B / Innosilicon

Karena informasi yang masih minim, belum jelas bagaimana GPU baru dari Innosilicon asal Tiongkok ini mampu menyaingi AMD dan NVIDIA. Namun brand ini bisa menjadi opsi baru atas kelangkaan GPU akibat minimnya persediaan chip secara global.

Editor: Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X