Uni Motion adalah Teknologi Motion Capture dari Jepang Tanpa Kostum Khusus

- Senin, 6 Desember 2021 | 12:16 WIB
Uni Motion adalah teknologi motion sensor yang bisa bantu Virtual YouTuber gerakkan karakternya tanpa motion suit / Uni Device
Uni Motion adalah teknologi motion sensor yang bisa bantu Virtual YouTuber gerakkan karakternya tanpa motion suit / Uni Device

Diorama.id – Menggunakan teknologi motion capture dengan kostum merupakan hal yang lumrah dilakukan. Namun, bagaimana jika Anda tidak perlu menggunakannya sama sekali untuk membuatnya? Produk Uni Motion dari Jepang mewujudkan segalanya.

Sebuah perusahaan asal Jepang bernama Uni Device mengumumkan produk baru mereka yakni Uni Motion yang bisa membuat animasi motion capture tanpa kostum khusus.

Teknologi motion capture Uni Motion dari Jepang ini menggunakan enam alat body tracking yang akan dipasang di tubuh penggunanya. Ia akan mengirimkan semua gerakan penggunanya ke sebuah alat bernama Uni Station yang mana akan terjemahkannya ke komputer sebagai sebuah gerakan animasi 3D melalui software khusus yang bisa diunduh gratis.

Secara teknis, Uni Motion menggunakan sensor 9dof IMU/AHRS untuk menangkap gerakan pengguna dengan gyroscope dan sistem wireless IEEE 802,11 dan bukan Bluetooth. Pengiriman motion capture dari Uni Motion tidak perlu menggunakan kabel dan hanya melalui teknologi wireless LAN.

Baca Juga: Oppo Reno7 Terjual Habis 15 Menit Sejak Dirilis, Berhasil Terjual Sekitar 40 Ponsel per Detiknya

Uni Motion juga kompatibel dengan alat lain seperti headset VR Oculus Quest 2, HTC Vive, dan yang lain. Alat ini juga bisa dukung semua software animasi 3D dan bisa digunakan bersama beberapa software seperti LeapMotion untuk gerakkan jari tangan, hingga VSeeFace untuk lakukan tracking ekspresi wajah.

Dengan banyaknya kemampuan tersebut, dipastikan Uni Motion juga bisa membantu VTuber atau Virtual YouTuber untuk menghibur para fansnya, tanpa perlu menggunakan kostum motion capture yang mahal untuk menggerakkan karakternya.

Halaman:

Editor: Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X