Antivirus Norton Diam-Diam Sematkan Software Mining, Warganet Protes

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 13:00 WIB
Credit: Norton
Credit: Norton

Diorama.id – Norton dikenal sebagai brand antivirus yang melindungi PC penggunanya dari ancaman ransomware dan virus komputer yang tak dikenal. Namun salah satu produk mereka justru tambahkan software mining secara diam-diam.

Seperti yang ditemukan oleh Jurnalis Attacksurface, Cory Doctorow, paket antivirus Norton 360 memiliki software mining yang tergabung di dalamnya dan tak dipisahkan sama sekali dari softwarenya.

Baca Juga: TikTok Diam-Diam Buat Software Livestreamnya Sendiri

Hal ini membuat banyak warganet kesal karena software Norton yang seharusnya memiliki fungsi sebagai antivirus di PC justru dukung mining dalam paketnya.

Menanggapi hal tersebut, Norton mengatakan bahwa fitur mining tersebut hanyalah opsional dan tidak akan berjalan jika pengguna tak mengizinkannya.

Namun hal ini tidak menghentikan warganet untuk berpikir bahwa langkah yang diambil Norton adalah langkah yang tidak transparan.

Baca Juga: Dijanjikan Naik Gaji, Anggota Tim QA Raven Software Milik Activision Justru Kena PHK

Untuk mematikan total fitur mining di Norton 360, maka pengguna harus mematikan opsi ‘tamper protection’, namun hal ini tak menghapus semua fungsi softwarenya.

Mudah saja bagi pengguna paham komputer yang menggunakan Norton 360 dan paham konsep mining mata uang kripto untuk mematikan opsi mining tersebut. Namun bagi mereka yang tidak tahu, hal ini justru bisa terjadi sebaliknya.

Halaman:

Editor: Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bocoran Spesifikasi Lengkap Xiaomi 12T!

Rabu, 3 Agustus 2022 | 15:58 WIB

4 Fitur Rahasia iOS 16 yang Diupdate oleh Apple!

Senin, 1 Agustus 2022 | 18:11 WIB
X