Akibat NFT, Banyak Karya Content Creator yang Dicuri

- Senin, 17 Januari 2022 | 10:45 WIB
Credit: Alanah Pearce, OpenSea
Credit: Alanah Pearce, OpenSea

Diorama.id – NFT tak hanya jadi topik hangat yang tengah diperbincangkan, namun juga menjadi masalah yang membuat para Content Creator terpicu amarahnya akibat pencurian karya.

Hal ini karena karya bahkan channel YouTube para Content Creator ‘dicuri’ oleh orang-orang yang hanya ingin uang mudah dari berjualan konten NFT di OpenSea seperti yang dilaporkan oleh TheGamer.

Orang-orang ini tak hanya menjual ‘karya seni’ namun mereka juga memberikan website dan berusaha menjual semua video Content Creator yang tak mereka miliki sama sekali. Semua demi keuntungan yang ditawarkan NFT.

Jim Sterling adalah salah satu Content Creator YouTube yang channel dan karyanya dicuri oleh beberapa orang tak bertanggung jawab tersebut ke OpenSea demi NFT. Ia mencuitkan kekesalannya terhadap sistem ini dan bagaimana pasarnya sangat eksploitatif seiring dengan kepopulerannya.

Alanah Pearce yang merupakan mantan jurnalis IGN dan kini bekerja di bawah naungan Sony Santa Monica juga sangat terpicu amarahnya. Terlebih setelah ia tahu bahwa fotonya diedit menggunakan photoshop untuk menjadi cover majalah dewasa dan dijual di OpenSea dengan NFT.

Menanggapi laporan tersebut OpenSea menjelaskan bahwa mereka terus bersihkan platform mereka dari para plagiat dan mereka yang berusaha menjual karya orang lain yang bukan menjadi miliknya.

OpenSea melanjutkan bahwa mereka akan terus banned dan sisir beberapa kreator yang ada di platformnya untuk mengimplementasikan usaha mereka menekan konten plagiarisme yang ada.

Halaman:

Editor: Ayyadana Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akhirnya Xiaomi 11T Juga Dapatkan Update MIUI 14!

Senin, 30 Januari 2023 | 08:00 WIB

Manfaat Bermain TikTok yang Perlu Anda Ketahui!

Selasa, 24 Januari 2023 | 19:50 WIB
X