Buntut Jual Foto Selfie KTP di Opensea, Kominfo Akan Tindak Tegas Para Pelaku Penjual KTP di OpenSea

- Senin, 17 Januari 2022 | 13:10 WIB

Diorama.id - Beberapa waktu lalu ramai seseorang yang nekat jual NFT berupa kumpulan foto-foto orang Indonesia yang selfie menggunakan KTP yang dijual di OpenSea.

Kumpulan foto selfie warga Indonesia yang dijual di OpenSea itu dijual oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan username Indonesian Identity Card(KTP) Collection.

Akun itu menjual kumpulan foto NFT warga Indonesia dengan selfie KTP dengan total 38 item, kumpulan foto itu beragam dari ibu-ibu, remaja dan bahkan ada seseorang yang menggunakan rompi berwarna hijau mirip seperti Polisi lalu lintas.

Baca Juga: Akibat NFT, Banyak Karya Content Creator yang Dicuri

Nah, buntut dari kejadian itu kini Kemenkominfo meminta semua pihak untuk mengawasi penjualan NFT di marketplace seperti Opensea salah satunya.

Apabila ditemukan hal serupa, kemenkominfo akan menindak tegas orang/pelaku yang nekat menjual selfie KTP itu di OpenSea.

Para pelaku yang nekat menjual NFT terkait dokumen kependudukan seperti foto KTP-el di media online tanpa hak, akan dibayangi ancaman pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar.

Tangkapan layar Penjualan KTp di OpenSea

Saat ini akun dari Indonesian Identity Card(KTP) COllection sendiri sudah dihapus dan tidak dapat di akses.

Halaman:

Editor: Rizki Arif Priyanto Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akhirnya Xiaomi 11T Juga Dapatkan Update MIUI 14!

Senin, 30 Januari 2023 | 08:00 WIB
X