Kreator PlayStation Tak Bisa Melihat Manfaat dari Metaverse

- Jumat, 21 Januari 2022 | 16:30 WIB
Credit: PlayStation
Credit: PlayStation

Diorama.id – Mengembangkan sebuah teknologi tanpa tujuan yang jelas selain bisnis hanya akan memperkuat kapitalisme dan membuatnya tak bermanfaat sama sekali. Inilah impian surga yang ditawarkan oleh Metaverse sejak Facebook mengumumkannya.

Beberapa ahli seperti bos Xbox percaya bahwa Metaverse sebenarnya hanya akan menguntungkan perusahaan dibanding para penggunanya. Hal ini juga dikatakan oleh kreator console PlayStation, Ken Kutaragi atas demam Metaverse.

Baca Juga: Sony Persiapkan Controller PlayStation yang Bisa Dilipat

Berbicara kepada Bloomberg, Ken Kutaragi yang saat ini bekerja mengembangkan baju robotik bernama Ascent menjelaskan bahwa hadir di dunia nyata adalah hal yang sangat penting. Ia tak bisa melihat manfaat Metaverse sama sekali.

Menurutnya, dunia Metaverse penuh mimpi tersebut hanya akan membuat orang mengubah wujudnya dan direpresentasikan dalam sebuah avatar anonim. “Tidak ada bedanya dengan situs forum anonim”, pungkasnya.

Baca Juga: Developer Minta Sony untuk Hadirkan Versi PC dari Game Eksklusif PlayStation

Konsep Metaverse sebenarnya sudah ada dan tidak ada yang menyadarinya sama sekali. Internet, media sosial, dan game seperti VR Chat adalah contoh kecil dari konsep tersebut. Bahwa manusia telah membuatnya.

Ketika ditanya tentang headset VR Oculus Quest 2 milik Facebook (kini Meta) yang akan digunakan untuk menebar kata-kata surga tentang Metaverse. Kutaragi menjawab bahwa headset seperti itu akan mengisolasi diri dari dunia nyata dan ia tak setuju tentang konsep tersebut.

Halaman:

Editor: Ayyadana Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

GPU Intel ARC Versi PC Kembali Ditunda?

Selasa, 10 Mei 2022 | 15:00 WIB

4 Cara Meningkatkan Traffic di Situs Websitemu!

Minggu, 8 Mei 2022 | 17:57 WIB
X