Perbandingan Benchmark GPU Intel Arc Alchemist dan RTX 3070 Ti Mengemuka

- Selasa, 25 Januari 2022 | 10:00 WIB
Credit: Intel
Credit: Intel

Diorama.id – Intel akhirnya akan memulai debutnya sebagai produsen GPU untuk gaming dengan produk Arc Alchemist miliknya dalam waktu dekat. Dengan pengembangan yang menuju tahap akhir, banyak orang mulai mencari bocoran bagaimana performa dari GPU yang disebut bisa setara dengan NVIDIA dan AMD tersebut.

Salah satu yang mendapatkan informasinya adalah TUM_APISAK yang mendapatkan informasi benchmark GPU Intel Arc Alchemist dari website SiSoftware yang membandingkannya dengan benchmark NVIDIA RTX 3070 Ti.

Credit: SiSoftware

Hasilnya? GPU Intel Arc Alchemist mampu menyamai bahkan mengungguli NVIDIA RTX 3070 Ti dalam berbagai ujicoba. GPU yang dicoba adalah model tertinggi yakni DG2-512EU dengan 4,096 core dan 12.8GB VRAM meskipun yang dipromosikan adalah 16GB GDDR6 VRAM.

Baca Juga: Perilisan GPU Intel Arc Alchemist Tak Jadi Kuartal Pertama 2022

Sementara menurut Videocardz yang mengambil data SiSoftware, GPU Intel Arc Alchemist dapatkan skor 9017.52 Mpix/s yang mana lebih unggul dari NVIDIA RTX 3070 Ti yang miliki skor 8369 Mpix/s.

Tentu saja skor di atas tak bisa menjadi patokan untuk apakah Intel Arc Alchemist mampu untuk gaming seperti GPU NVIDIA atau AMD pada umumnya. Ini dikarenakan berbagai faktor, salah satunya seperti driver yang menjadi software pendukungnya.

Baca Juga: Studio Game Berikut akan Dukung Kartu Grafis Intel Arc Alchemist

Intel Arc Alchemist rencananya akan dirilis kuartal pertama tahun 2022, namun kini mereka mengubahnya menjadi 2022 saja. Pertanyaan apakah ia mampu menyaingi seri NVIDIA dan AMD bahkan jadi alternatif RTX 40 atau AMD RDNA3 yang juga akan rilis tahun ini masih menjadi misteri hingga saat ini.

Halaman:

Editor: Ayyadana Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Manfaat Bermain TikTok yang Perlu Anda Ketahui!

Selasa, 24 Januari 2023 | 19:50 WIB
X