Sebuah Malware Berkamuflase Sebagai Aplikasi Ethereum di GPU Nvidia

- Sabtu, 26 Februari 2022 | 13:30 WIB

Diorama.id - Alat yang dirilis melalui Github memberikan kemampuan yang dicari untuk membuka kemampuan Ethereum secara penuh dari kartu grafis Nvidia seri RTX terbaru. Ternyata aplikasi tersebut dilaporkan mengandung malware.

PC Gamer dan Tom’s Hardware menulis tentang tools tersebut awalnya penasaran, nama aplikasinya adalah “Nvidia RTX LHR v2 Unlocker” atau file "LHRUnlocker Install.msi”.

Baca Juga: Bocoran Render Realme Pad Mini Perlihatkan Desain dan Spesifikasi yang Dibawa

Aplikasi tersebut mampu mengklaim untuk membuka label LHR (Low Hash Rate) pada kartu grafis Nvidia yang diimplementasikan dalam kartu grafis seri RTX 3000 keatas untuk mencegah pengembangan kripto yang sering kali membeli kartu grafis yang seharusnya digunakan untuk bermain game, atau rendering animasi.

Pada siaran langsung YouTube channel Red Panda Mining, komunitas mining ChumpchangeXD dan Y3TI memberikan informasi yang kurang enak: alat tersebut berisi virus.

Dilansir dari Tom’s Hardware, alat ini tidak menjalankan fungsi untuk membuka LHR pada kartu grafis.

Baca Juga: Perbandingan Benchmark GPU Intel Arc Alchemist dan RTX 3070 Ti Mengemuka

Diluar ekspektasi, perangkat ini akan menginfeksi system operasi dan menyebabkan sejumlah malware yang bisa mengendalikan penggunaan CPU, sistem drive, serta beberapa hal yang membahayakan.

Kalian bisa melihat situs Joe’s SandBox Cloud, yaitu situs yang menggambarkan bagaimana file berbahaya yang dapat menyebar melalui sistem saat instalasi.

Halaman:

Editor: Rizki Arif Priyanto Nugroho

Sumber: Tom's Hardware

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fitur Twitter 2.0 yang Diungkapkan oleh Elon Musk!

Senin, 28 November 2022 | 18:00 WIB

70% dari Layar iPhone 14 Ternyata Gunakan Samsung OLED

Jumat, 25 November 2022 | 21:00 WIB
X