NVIDIA Diretas Hacker, Matikan Sistem Hingga Dua Hari

- Senin, 28 Februari 2022 | 14:30 WIB
Credit: NVIDIA, Hardwarezone
Credit: NVIDIA, Hardwarezone

Diorama.id – Bergerak di bidang chip GPU menjadikan NVIDIA sasaran yang empuk untuk soal pertahanan siber oleh hacker. Meski berbasis teknologi, pada kenyataannya pertahanan siber mereka tak sehebat industri serupa.

Hal inilah yang menyebabkan hacker berhasil retas bagian dari sistem NVIDIA dan mengakibatkan mereka merugi selama kurang lebih dua hari lamanya.

Menurut laporan The Telegraph, perusahaan chip kartu grafis terbesar di Amerika Serikat tersebut kebobolan akibat ulah hacker yang retas sistemnya. Hal ini membuat sistem internal NVIDIA termasuk email hingga developer tool harus dimatikan selama dua hari lamanya.

Baca Juga: Sebuah Malware Berkamuflase Sebagai Aplikasi Ethereum di GPU Nvidia

Belum ada kejelasan apapun data apa yang berhasil dicuri hacker dari NVIDIA atau pelanggan, laporan keuangan, atau kemungkinan hacker yang retas sistem mereka melakukannya atas dasar bosan tanpa tujuan apapun.

Salah satu perwakilan NVIDIA menjelaskan bahwa mereka tengah menginvestigasi insiden tersebut dan tak ingin membagikan informasi kepada publik untuk saat ini.

Ahli keamanan siber di Universitas Surrey, Alan Woodward menjelaskan bahwa keputusan NVIDIA untuk mematikan sistem adalah untuk meminimalisir resiko kerusakan yang lebih dalam. Salah satunya adalah perubahan sistem update yang mana pada nantinya justru merusak semua PC di seluruh dunia yang menggunakan kartu grafis NVIDIA saat mereka merilis update softwarenya.

Baca Juga: NVIDIA Batalkan Akuisisi Arm Milik SoftBank

Laporan tersebut merupakan usaha hacker retas sistem NVIDIA untuk kedua kalinya. Sebelumnya NVIDIA sempat kebobolan database dari GeForce Now yang kemudian jelaskan bagaimana God of War akan rilis ke PC yang kemudian menjadi kenyataan.

Halaman:

Editor: Ayyadana Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fitur Twitter 2.0 yang Diungkapkan oleh Elon Musk!

Senin, 28 November 2022 | 18:00 WIB

70% dari Layar iPhone 14 Ternyata Gunakan Samsung OLED

Jumat, 25 November 2022 | 21:00 WIB
X