Hacker Akui Lakukan Pembobolan Sistem NVIDIA Kemarin untuk Curi Kode DLSS

- Rabu, 2 Maret 2022 | 12:30 WIB
Credit: NVIDIA, Hardwarezone
Credit: NVIDIA, Hardwarezone

Diorama.id – Beberapa hari yang lalu dilaporkan bahwa NVIDIA mengalami musibah pembobolan oleh hacker dan terpaksa mematikan sistemnya selama dua hari. Saat ini pihak NVIDIA tengah menyelidikinya, namun kini pelakunya justru mengakui perbuatannya.

Menurut laporan TechPowerUp, grup hacker mengklaim bahwa mereka adalah orang yang bertanggung jawab atas pembobolan sistem NVIDIA kemarin. Salah satu hal yang mereka curi adalah source code dari teknologi DLSS yang digunakan NVIDIA untuk upscale gambar dalam video game menggunakan AI.

TechPowerUp mendapatkan gambar dari sumber anonim yang mengklaim tunjukkan file C++ dan header dan aset dari teknologi DLSS milik NVIDIA saat mencuri dan membobol sistem mereka kemarin.

Baca Juga: NVIDIA Diretas Hacker, Matikan Sistem Hingga Dua Hari

Laporan Msspalert dan sumber lain kabarkan bahwa grup hacker bernama LAPSUS$ menjadi pihak yang bertanggung jawab atas kejahatan siber atas NVIDIA tersebut. Mereka diklaim mencuri data sebesar 1 TB dari perusahaan kartu grafis asal Amerika berisi skema, driver, dan data firmware.

Saat ini mereka telah merilis bagian dari data yang telah dijebol sebesar 75 GB dan bisa didownload publik. Data tersebut berisi lebih dari 400 ribu file, termasuk password dari para pegawai NVIDIA.

Hingga tulisan ini turun, NVIDIA masih bungkam dan tidak mengatakan apapun tentang klaim tersebut. Namun jika benar, maka bocoran data tersebut akan kuak rahasia di balik teknologi upscale dari NVIDIA dan akan berikan kreator komunitas untuk hadirkan teknologinya untuk Linux.

Baca Juga: Sebuah Malware Berkamuflase Sebagai Aplikasi Ethereum di GPU Nvidia

Halaman:

Editor: Ayyadana Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tecno Pova 4 Akan Segera Hadir di Negara Asia

Senin, 5 Desember 2022 | 21:00 WIB

Fitur Twitter 2.0 yang Diungkapkan oleh Elon Musk!

Senin, 28 November 2022 | 18:00 WIB

70% dari Layar iPhone 14 Ternyata Gunakan Samsung OLED

Jumat, 25 November 2022 | 21:00 WIB
X