Microsoft Ganggu Serangan Siber Hacker Russia atas Ukraina

- Selasa, 12 April 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi hacker.  (IST)
Ilustrasi hacker. (IST)

Diorama.id – Invasi Russia atas Ukraina berlanjut tak hanya dari urusan fisik dengan para tentaranya, namun juga dalam bidang internet dengan serangan siber via hacker.

Serangan ini dilancarkan oleh Strontium, kelompok hacker asal Russia yang didanai oleh pemerintah yang menariknya justru diganggu oleh Microsoft.

Laporan Microsoft menjelaskan bahwa mereka telah amankan tujuh domain internet yang kelompok hacker Strontium gunakan untuk menyerang Ukraina di internet.

Baca Juga: Developer World of Tanks Putus Hubungan dengan Cabangnya di Russia dan Belarusia

Strontium dilaporkan sebagai grup hacker yang berhubungan langsung dengan unit militer Russia, GRU. Kelompok hacker ini juga miliki nama lain seperti APT28 dan Fancy Bear.

Kelompok hacker tersebut juga menjadi salah satu yang bertanggung jawab atas serangan DNC di tahun 2016 dan serangan malware di beberapa perusahaan bisnis dunia.

VP of customer security and trust Microsoft, Tom Burt menjelaskan bahwa pada tanggal 6 April 2022 lalu mereka sukses ambil alih tujuh domain internet yang digunakan Strontium untuk lancarkan serangan siber ke Ukraina.

Baca Juga: Perusahaan AntiVirus Russia, Kaspersky Kini Diblacklist oleh Amerika Serikat

Microsoft lakukan pengalihan domain tersebut ke sebuah sinkhole yang dikontrol Microsoft dan mengurangi penggunaan domain tersebut oleh Strontium dan aktifkan notifikasi para korbannya.

Halaman:

Editor: Ayyadana Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akhirnya Xiaomi 11T Juga Dapatkan Update MIUI 14!

Senin, 30 Januari 2023 | 08:00 WIB
X