Hacker Temukan Cara Baru untuk Selundupkan Malware ke PC-mu

- Selasa, 10 Mei 2022 | 16:30 WIB
Credit: Istimewa
Credit: Istimewa

Diorama.id – Tak hanya virus, PC miliki ragam penyakit yang harus dihapus, salah satunya adalah malware yang bakal tak hanya bekerja seperti virus, namun juga akan merusak semua data dan mengacaukan ekosistem PC-mu.

Umumnya malware akan disisipkan via iklan yang diklik dan download sebuah file berekstensi .exe atau cara lain seperti menyisipkannya dalam game bajakan. Namun hal tersebut mudah terdeteksi oleh software anti-malware.

Kini, hacker menemukan cara baru untuk selundupkan malware tersebut ke PC tanpa terdeteksi sama sekali hingga akhirnya sudah terlambat untuk diselamatkan.

Baca Juga: Sebuah Malware Berkamuflase Sebagai Aplikasi Ethereum di GPU Nvidia

Peneliti dari Kaspersky yang menganalisa sample terbaru dari malware PC pelanggannya bulan Februari kemarin menjelaskan bahwa hacker telah berhasil memasang malware tanpa file ke korbannya dengan menyembunyikannya melalui Windows events logs.

Serangan oleh hacker menggunakan cara sembunyikan malware ini akan menyuntikkan payload shellcode ke Windows event logs ke KMS (Key Management Service) melalui custom malware dropper yang kemudian menyembunyikan malware tersebut dan tak terdeteksi sama sekali.

Custom malware dropper tersebut kemudian melepas kode jahat yang akan memanfaatkan eksploitasi DLL dan menyembunyikannya sebagai sebuah file yang error. Jika kamu mengeceknya, maka file tersebut tidak terlihat dan hanya muncul sebagai file error saja.

Baca Juga: Apakah Microsoft Defender Cukup Untuk Melindungi Komputer Kita Dari Serangan Virus Dan Malware

Melalui cara ini, hacker kemudian bisa memasang virus Trojan yang akan mengacaukan sistem PC-mu.

Halaman:

Editor: Ayyadana Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X