Director Final Fantasy XIV: Metaverse Hanya Gantikan Dunia Nyata, Tak Menghibur

- Rabu, 11 Mei 2022 | 16:30 WIB
Naoki Yoshida, Game Director Final Fantasy XIV / Credit: Square Enix
Naoki Yoshida, Game Director Final Fantasy XIV / Credit: Square Enix

Diorama.id – Gaung Metaverse yang dipopulerkan Facebook / Meta sempat jadi sorotan dunia untuk berbondong-bondong mengikuti ombak baru teknologi tersebut.

Facebook / Meta menjelaskan bahwa Metaverse pada nantinya tak hanya akan ubah dunia nyata, namun juga hiburan ke dunia virtual menggunakan headset VR dan manusia bisa lakukan apa saja pada nantinya.

Metaverse juga disebut akan integrasikan NFT dan Blockchain yang mana akan membuat dunia virtual tersebut tak hanya sebatas ‘pengganti’ biasa karena faktanya pengguna bisa mendapatkan keuntungan finansial darinya.

Baca Juga: Gabe Newell Mainkan Final Fantasy XIV dan Bukan World of Warcraft di Steam Deck

Konsep ini kemudian ditampik oleh beberapa ahli di bidang video game. Gabe Newell selaku bos Valve sekaligus Steam mengatakan bahwa ia tak memahami kehebohan para pebisnis soal Metaverse karena menurutnya game MMO telah melakukan fungsi Metaverse tersebut selama bertahun-tahun.

Namun berbeda dengan Newell, Game Director dari game MMORPG Final Fantasy XIV, Naoki Yoshida melihat Metaverse cukup berbeda dari MMO.

Berbicara kepada majalah mingguan Bunshun, Naoki Yoshida menjelaskan bahwa Metaverse baginya adalah sebuah sistem yang menggantikan kenyataan dengan dunia virtual dan tidak ada hubungannya dengan hiburan secara umum.

Baca Juga: Naoki Yoshida Tak Tahu Sampai Kapan Dukungan Final Fantasy XIV untuk PS4

Halaman:

Editor: Ayyadana Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X