Apple Tak Lagi Jadi Perusahaan yang Paling Bernilai di Dunia

- Kamis, 19 Mei 2022 | 17:00 WIB
Credit: Apple
Credit: Apple

Diorama.id – Setelah berkali-kali meraih ‘prestasi’ sebagai perusahaan paling bernilai di dunia, Apple kini turun tahta dan tak lagi raih prestasi tersebut.

Tidak, penggantinya bukan Microsoft, Google, atau Amazon, melainkan perusahaan eksportir minyak Saudi Aramco yang berhasil menyalip Apple sebagai perusahaan paling bernilai dunia.

Tahun lalu dikabarkan bahwa Saudi Aramco berada di posisi keempat sebagai perusahaan paling bernilai di dunia, namun kini mereka berhasil menyalip posisi Apple.

Baca Juga: Bisa Tuker Charger dengan Android, Apple Tengah Mengetes USB-C di Produk iPhone Miliknya!

Menurut Financial Times (via PC Gamer) Saudi Aramco yang 94% sahamnya dimiliki Arab Saudi yang juga pemilik dari perusahaan game SNK sukses gaet 2.43 triliun USD, sementara Apple merosot jauh hingga 19% setelah sukses raih 3 triliun USD di bulan Januari 2022.

Kendati demikian, Apple masih jadi perusahaan paling bernilai di Amerika Serikat diikuti Microsoft dengan milai 1.95 triliun USD. Namun nilai Apple saat ini merosot menjadi 2.37 triliun USD.

Nilai saham Saudi Aramco meroket 30% sejak tahun baru 2022 dengan keuntungan penjualan minyak yang meningkat 82% dari profit bulan lalu sekitar 40 miliar USD.

Baca Juga: Apple Kembalikan Fitur Perubahan Kecepatan Pada Update iOS 15.5 Kedepannya

Nilai minyak saat ini paling tinggi sejak 14 tahun dengan 139 USD per-barrelnya sementara negara yang menghindari konflik antar Russia dan Ukraina kini lebih memilih membelinya langsung dari Arab Saudi.

Halaman:

Editor: Ayyadana Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X