Dibanned Intel dan AMD, Russia Melengos ke Tiongkok untuk Dapatkan Chip

- Jumat, 20 Mei 2022 | 17:30 WIB
Credit: Intel
Credit: Intel

Diorama.id – Beberapa minggu lalu Russia yang lancarkan serangan ke Ukraina dapatkan kecaman keras dari beberapa perusahaan termasuk perusahaan teknologi seperti Intel dan AMD yang memutuskan untuk menghentikan pasokan chip mereka ke negara tersebut.

Selama ini Russia juga sama seperti negara lain menggantungkan diri atas chip komputer / PC ke AMD dan Intel. Namun setelah banned dua perusahaan teknologi tersebut, mereka masih punya cara lain untuk memasok kebutuhan teknologinya.

Menurut laporan Toms Hardware, pemerintah Russia meminta bantuan Tiongkok sebagai negara aliansinya untuk pasok chip ke negaranya.

Baca Juga: Website Resmi Stalker 2 Diblokir di Russia, Kenapa?

Perusahaan motherboard Russia, Dannie seperti yang dilansir dari Habr menyebutkan bahwa saat ini mereka tengah bekerjasama dengan Tiongkok untuk kenalkan motherboard baru yang akan gunakan processor dari negeri tirai bambu tersebut.

Motherboard dan processor tersebut didesain agar bisa digunakan untuk PC dan pekerjaan lain, namun hadir dengan komsumsi daya yang lebih tinggi jika dibandingkan arsitektur Arm yang selama ini digunakan oleh perusahaan teknologi dunia.

Dengan banned AMD dan Intel, pemerintah Russia tidak ada pilihan lain untuk meminta bantuan Tiongkok via Zhaoxin yang mendesain dan menjual processor KaiXian yang digunakan di dalam negeri saja.

Baca Juga: Microsoft Ganggu Serangan Siber Hacker Russia atas Ukraina

Chip terbaru yang mereka keluarkan adalah KX 6000 yang dibuat di TSMC atau Taiwan Semiconductor Manufacturing Company, pabrik yang selama ini memproduksi hampir semua semikonduktor atau chip yang kita dapatkan di komputer kita selama ini.

Halaman:

Editor: Ayyadana Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X