Waspada Beli GPU Bekas! Sebagian Ada yang Mati Karena Mining

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 14:18 WIB
Credit: ALB Tech
Credit: ALB Tech

GPU bekas mulai banjiri pasaran, tetap waspada karena sebagian ada yang mati karena mining.

Diorama.id – Harga mata uang kripto yang terus anjlok meresahkan para miner yang menggunakan sebagian besar asetnya yakni berupa GPU gaming untuk mendapatkan Bitcoin hingga Ethereum.

Ya, mereka adalah miner yang sama yang juga ikut berkontribusi akan kelangkaan GPU gaming dan membuat harganya melambung naik selain karena masalah pandemi.

Akibat menurunnya harga mata uang kripto yang turun, para miner mulai berbondong-bondong mengobral GPU mereka untuk dijual ke gamer yang membutuhkan dengan harga murah tentunya. Sayang, tidak semua GPU bisa digunakan seperti sediakala karena sebagian ada yang mati karena mining.

Baca Juga: Spesifikasi PC Game Horror The Quarry, Berat di CPU dan GPU

Menurut laporan Wccftech, GPU bekas mining sudah mulai banjiri pasar China dan Asia Selatan dengan harga yang sangat miring. Salah satu GPU seperti RTX 3080 bahkan dijual setengah harga dari harga aslinya. Sebuah harga yang sangat menggiurkan bagi mereka yang menginginkan upgrade GPU.

Credit: NGA.CN

Sayangnya tidak semua GPU berjalan dengan baik, karena salah satu user China di forum NGA.CN mengaku mendapatkan MSI Suprim NVIDIA RTX 3080 dengan harga murah dan menunjukkan bahwa GPU tersebut telah diganti thermal pad-nya berkali-kali karena digunakan untuk mining.

Namun hal tersebut bukan satu-satunya masalah besar yang terjadi pada GPU yang dibelinya. Karena ia menemukan bahwa varian 256-bit RTX 3080 yang harusnya punya memori 10 GB terpangkas menjadi 8 GB.

Halaman:

Editor: Ayyadana Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bocoran Spesifikasi Lengkap Xiaomi 12T!

Rabu, 3 Agustus 2022 | 15:58 WIB

4 Fitur Rahasia iOS 16 yang Diupdate oleh Apple!

Senin, 1 Agustus 2022 | 18:11 WIB
X