Aplikasi Android yang Telah Didownload 1 Juta Kali ini Ternyata Virus Adware

- Minggu, 4 September 2022 | 17:25 WIB

Diorama.id - Salah satu PDF Reader paling populer di Google Play Store ternyata merupakan sebuah virus adware yang telah diperingatkan oleh para ahli dibidang tersebut.

Sebuah investigasi dari Malware Byte mengungkapkan bahwa PDF reader - documents viewer app merupakan sebuah aplikasi yang ternyata memberikan iklan kepada penggunanya.

Perusahaan keamanan tersebut juga telah mengungkapkan bahwa aplikasi ini telah didownload oleh lebih dari 1 juta download, dan Google sendiri belum menghapusnya.

Baca Juga: Pemain Diablo Immortal Ini Punya Hutang Orbs dengan Total 35 juta Dollar Karena Beli di Situs Pihak Ketiga

Pada sebuah blog yang menjelaskan scam yang dilakukan oleh aplikasi tersebut di android, Malwarebytes mengungkapkan bahwa aplikasi itu menipu user dengan tidak menunjukkan iklan secara langsung setelah terinsttall.

Aplikasi itu akan menunggu beberapa jam setelah aplikasi di install, dan sehingga pengguna tidak tahu aplikasi apa yang menyebabkan masalah tersebut.

Ketika di aktivasi, aplikasi tersebut akan menunjukan iklan di homescreen, dan memblokir pengguna dalam mengakses perangkat sampai akhirnya pengguna menekan iklan tersebut.

Baca Juga: Berikut Bocoran Spesifikasi ROG Phone 6D

Video iklan juga akan ditunjukan kepada pemain dan menghalangi pengguna dalam mengakses perangkatmu, dan iklan akan semakin mengganggu ketika aplikasi tidak di uninstall.

Halaman:

Editor: Jason Diorama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akhirnya Xiaomi 11T Juga Dapatkan Update MIUI 14!

Senin, 30 Januari 2023 | 08:00 WIB

Manfaat Bermain TikTok yang Perlu Anda Ketahui!

Selasa, 24 Januari 2023 | 19:50 WIB
X