Steam Hapus Game Penghasil Uang yang Manfaatkan Crypto dan NFT

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 12:17 WIB
Steam (Valve)
Steam (Valve)

Diorama.id – Valve dikabarkan baru saja menghapus game penghasil uang yang memanfaatkan blockchain untuk menghasilkan cryptocurrency dan NFT (Non Fungible Token) dari Steam.

Ini dilaporkan oleh pengembang video game Age of Rust, Space Pirate Games dalam cuitan akun Twitternya. Mereka menjelaskan bahwa Valve baru saja menambahkan aturan baru di API SteamWorks, sebuah aplikasi untuk publikasikan mod dan video game di Steam untuk bagian aturan game maupun aplikasi yang tak boleh dipublikasikan.

Aturan baru Steam tersebut tambahkan bahwa game atau software yang dibuat berdasarkan teknologi blockchain untuk menghasilkan atau transaksikan NFT (Non Fungible Token) tidak boleh dipublikasikan di Steam.

Baca Juga: Valve Unggah Video Pembongkaran Konsol Steam Deck PC Miliknya

Age of Rust menjadi salah satu game yang dihapus Valve dari Steam dan tak diperbolehkan untuk dimainkan kembali. Namun Space Pirate Games masih akan mengembangkan gamenya di platform baru yang hingga saat ini masih belum diumumkan.

Penghapusan Age of Rust disebabkan soal item yang mereka miliki memiliki nilai di dunia nyata dan Valve tak perbolehkan game tersebut untuk hadir di Steam.

Age of Rust merupakan game single player dengan teknologi blockchain yang mungkinkan pemainnya untuk membeli senjata dan armor menggunakan NFT (Non Fungible Token).

Baca Juga: Game Indonesia ConnecTank Tersedia di Steam, Dikerjakan Bersama Penulis Cartoon Network

Tidak ada kejelasan apa alasan di balik penambahan aturan baru tersebut, namun Dean Takahashi dari VentureBeat menjelaskan bahwa kemungkinan Valve tak ingin terjerat kasus perjudian di Washington, tempat di mana markas mereka bersemayam.

Halaman:

Editor: Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Membuat Akun di Epic Games Store Terbaru 2022

Minggu, 5 Desember 2021 | 14:55 WIB

Laman Steam Uncharted Legacy of Thieves Mengemuka

Sabtu, 4 Desember 2021 | 20:00 WIB

Produser Eksekutif Battlefield 2042 Keluar dari DICE

Jumat, 3 Desember 2021 | 18:46 WIB
X