Malaysia Deklarasikan Loot Crate dalam Game Seperti Mobile Legends Haram

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 12:20 WIB
Mufti Malaysia larang loot crate (GamerBraves)
Mufti Malaysia larang loot crate (GamerBraves)

Diorama.id – Kantor Mufti Malaysia baru saja mendeklarasikan bahwa membeli item loot crate seperti yang ada di Mobile Legends dan PUBG haram hukumnya di bawah ajaran agama Islam.

Deklarasi Mufti Malaysia ini diposting di laman Facebooknya. Dalam postingannya, mereka mempertanyakan bagaimana loot crate di PUBG dan Mobile Legends. Mereka menjelaskan bahwa membelinya dengan uang nyata untuk item yang tak diketahui termasuk judi dan haram.

Menurut mereka dalam kedua game populer di Malaysia tersebut, loot crate memberikan hal acak dan item langka yang secara tidak sadar memaksa mereka untuk membelinya lagi demi mendapatkannya. Hal ini termasuk dalam perjudian karena memasrahkan diri pada peruntungan.

Baca Juga: Steam Hapus Game Penghasil Uang yang Manfaatkan Crypto dan NFT

Dalam praktiknya sendiri, loot crate di game seperti PUBG dan Mobile Legends merupakan hal yang tidak etis. Ini karena memaksa pemain untuk membeli demi sebuah item random. Beberapa percaya bahwa hal ini adalah praktik perjudian dan khawatir bahwa sebagian besar gamenya dimainkan oleh anak-anak.

Loot crate sebenarnya telah dilarang di Belgia dan Belanda, sementara Jepang dan Tiongkok sendiri miliki aturan yang sangat ketat tentangnya. Di Asia Tenggara sendiri, masih banyak yang memperbolehkannya tanpa aturan tertentu. Tidak hingga Mufti Malaysia mendeklarasikannya.

Belum ada kejelasan apakah dengan deklarasi haram terhadap loot crate baik di Mobile Legends dan PUBG, pemerintah Malaysia akan memberlakukan aturan ketat tentangnya atau membiarkannya.

Baca Juga: 6 Game PC Gratis Permanen Terbaru 2021 Minggu Ini

Sebelumnya Mufti Malaysia sempat mengatakan bahwa Pokemon Go dan PUBG haram dan harus diblokir. Namun pada akhirnya mereka mengklarifikasinya dan menarik kata-katanya tersebut.

Halaman:

Editor: Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Membuat Akun di Epic Games Store Terbaru 2022

Minggu, 5 Desember 2021 | 14:55 WIB

Laman Steam Uncharted Legacy of Thieves Mengemuka

Sabtu, 4 Desember 2021 | 20:00 WIB

Produser Eksekutif Battlefield 2042 Keluar dari DICE

Jumat, 3 Desember 2021 | 18:46 WIB
X