Sekumpulan Developer Membuat Surat Terbuka Terkait Dengan Larangan NFT di Steam

- Senin, 1 November 2021 | 17:13 WIB
Steam
Steam

Diorama.id - Sebuah grup developer dari Steam baru-baru ini membuat surat terbuka untuk Valve untuk merubah keputusan mereka terkait dengan ban NFT dan teknologi blockchain lainnya dari Steam. NFT itu bagus, ujar mereka dengan alasan bahwa NFT membuat game lebih desentralisasi, demokratis, interaktif dan memiliki sistem yang difokuskan pada pemainnya. 

Surat tersebut di posting dengan kolaborasi antara advocat digital "Fight for the Future" dan beberapa developer game blockchain termasuk dengan Enjin, the Blockchain Game Alliance, dan Creator dari Age of Rust.

Age of Rust sendiri merupakan salah satu game yang ditarik dari steam pada saat Valve mengatakan bahwa mereka tidak memperbolehkan item yang memiliki harga di dunia nyata pada platform mereka.

Surat Terbuka untuk Valves

"Dianggap sebagai pelopor untuk merubah cara gamer menjual dan memperdagangkan item digital selama lebih dari 10 tahun lalamnya. Valve sepertinya memahami dampak yang akan terjadi dengan memfasilitasi hal tersebut". Bersamaan dengan hal tersebut, mereka (pembuat surat terbuka) berharap Steam bisa mengambil kesempatan pada pengembangan teknologi yang tengah berkembang pesat ini, dan membatalkan keputusannya untuk melarang kategori ini dalam platform Steam agar industri ini bisa membuktikan dirinya sebagai kontribusi positif untuk ekosistem yang ada di dalam industri game secara keseluruhan.

Tak mengherankan jika banyak orang yang merasa NFT itu baik untuk mereka, bagaimana tidak. Tidak sedikit orang yang mendapatkan keuntungan dari NFT tersebut. Pengembang dari game NFT seperti Zuckerberg pada pengembangan metaverse miliknya, menganggap game tidak sebagai game, namun sebagai sebuah potensi busnis, dan semua orang ingin menjadi pemiliknya.

Walaupun begitu, surat terbuka tersebut tidak memiliki argumen yang tepat untuk melawan kritik dari NFT terutama dalam masalah perusakan lingkungan. Valve sendiri juga belum berkomentar apa pun.

Editor: Andi Permana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bikin Onar, Perusuh The Game Awards 2022 Ditangkap

Jumat, 9 Desember 2022 | 13:15 WIB

Tanggal Rilis Final Fantasy XVI Resmi Diumumkan

Jumat, 9 Desember 2022 | 11:12 WIB

Elden Ring Jadi Game of The Year The Game Awards 2022

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:58 WIB

Tekken 8 Resmi Unjuk Gameplaynya

Jumat, 9 Desember 2022 | 09:48 WIB

Death Stranding 2 Resmi Diumumkan Kojima Productions

Jumat, 9 Desember 2022 | 09:30 WIB

The Last of Us Remake Resmi Rilis ke PC 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 09:08 WIB

Star Wars Jedi Survivor Resmi Tentukan Tanggal Rilis

Jumat, 9 Desember 2022 | 09:02 WIB

Judas adalah Game Baru dari Kreator BioShock

Jumat, 9 Desember 2022 | 08:32 WIB
X