Seseorang Ubah PC Tuanya Menjadi Console

- Rabu, 24 November 2021 | 20:13 WIB
Seorang ubah PC tua miliknya menjadi console / priyamraj
Seorang ubah PC tua miliknya menjadi console / priyamraj

Diorama.id – Seseorang melakukan modifikasi PC tua yang dimilikinya menjadi sebuah console dan bisa dimainkan sambil rebahan di kasur atau sofa.

Seorang YouTuber bernama priyamraj mengunggah video bagaimana caranya ia mengubah PC tua berumur 10 tahun menjadi sebuah console. Ini membuatnya bisa mainkan game dari PlayStation, Nintendo, GameCube, dan yang lainnya.

YouTuber asal India tersebut memberitahu apa yang dibutuhkan untuk mengubah PC tua miliknya menjadi sebuah console. Yang pertama adalah flash drive sebesar 8 hingga 16 GB, PC, dan monitor atau TV.

Baca Juga: PC Menjadi Hardware Terbaik Sepanjang Masa di Penghargaan Golden Joystick Awards 2021

Ia kemudian menggunakan sebuah software bernama balenaEtcher dan sistem operasi bernama Batocera, sebuah sistem operasi berbasis Linux yang memang didesain berisi kumpulan emulator yang akan sulap PC tua milik Anda menjadi console.

BalenaEtcher yang didownload akan membuat sebuah image virtual dari Batocera ke USB flash drive yang kemudian bisa disambungkan ke PC dan lakukan booting melalui flash drive tersebut. Jika Anda pernah melakukan instalasi Windows dari PC yang masih kosong, maka Anda akan paham bagaimana langkahnya tanpa menonton videonya.

Dengan begini, PC tua yang Anda miliki sebenarnya sudah menjadi console dan dapat dimainkan menggunakan controller. Namun Anda bisa memasang Batocera ke hard drive tanpa perlu harus melakukan booting manual melalui USB flash drive.

Editor: Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Membuat Akun di Epic Games Store Terbaru 2022

Minggu, 5 Desember 2021 | 14:55 WIB

Laman Steam Uncharted Legacy of Thieves Mengemuka

Sabtu, 4 Desember 2021 | 20:00 WIB

Produser Eksekutif Battlefield 2042 Keluar dari DICE

Jumat, 3 Desember 2021 | 18:46 WIB
X