Epic Games Tak 'Ambil Keuntungan' dari Bagi Game Gratis dan Eksklusif

- Selasa, 21 Desember 2021 | 17:36 WIB
Epic Games Store siap merugi untuk dapatkan pemain dari Steam ke tokonya lewat game gratis / Epic Games
Epic Games Store siap merugi untuk dapatkan pemain dari Steam ke tokonya lewat game gratis / Epic Games

Diorama.id – Epic Games Store punya strategi bagi game gratis setiap minggunya. Kebanyakan game umumnya akan dibayar oleh mereka. Mereka juga memberikan penawaran eksklusivitas yang tentu saja dibayar dengan sejumlah uang. Membesitkan sebuah pertanyaan kepada fans bagaimana perusahaan ini mendapatkan keuntungan.

Dalam laporan yang telah dikumpulkan fans di resetera dan Reddit, terbukti bahwa Epic Games Store tidak ambil keuntungan atas game eksklusif dan gratis yang mereka bagikan setiap minggunya. Faktanya, hanya tiga game saja yang mendapatkan jaminan biaya minimum pengembangan gamenya.

Baca Juga: Cara Membuat Akun di Epic Games Store Terbaru 2022

Data yang dikumpulkan memang telah dihitamkan, namun fans berhasil menemukan dua dari tiga game yang mendapatkan jaminan biaya tersebut dari Epic Games Store. Keduanya adalah Dauntless dan Satisfactory.

Jaminan biaya minimum tersebut adalah pembayaran uang muka bagi pengembang yang setuju tanda tangani kontrak enam bulan eksklusivitas dengan Epic Games Store. Jamin pengembang uang yang sangat banyak sebelum game mereka dijual di tokonya. Setelah penjualan sentuh angka tertentu, Epic akan mulai bagi hasil dengan pengembang.

Baca Juga: Epic Games Dituntut Balik Google Akibat Langgar Kontrak Fortnite

Penawaran ini sangat menarik bagi pengembang kecil seperti developer indie yang tak bisa menjamin penjualan dan tidak perlu membayar Epic Games Store kembali jika penjualannya tidak memenuhi target.

Belum jelas sampai kapan Epic Games Store akan melakukan model bisnis ini demi menarik pemain dari Steam untuk pindah ke platformnya. Namun menurut riset yang dilakukan resetera, Epic saat ini tengah mencari cara untuk pindah ke model bisnis yang lebih tradisional untuk menjadi publisher / penerbit dan membantu pengembang untuk memasarkan gamenya.

Editor: Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tier List Survivor.io, Senjata Terbaik!

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:30 WIB

Tanggal Rilis Minecraft Legends Resmi Diumumkan

Kamis, 26 Januari 2023 | 12:00 WIB
X