Bos Xbox Sebut Metaverse Hanya Menguntungkan Perusahaan Saja

- Selasa, 21 Desember 2021 | 17:41 WIB
Phil Spencer, bos Xbox lebih memahami konsep Metaverse yang digembar-gemborkan Facebook dibanding eksekutif lainnya / Microsoft
Phil Spencer, bos Xbox lebih memahami konsep Metaverse yang digembar-gemborkan Facebook dibanding eksekutif lainnya / Microsoft

Diorama.id – Metaverse menjadi bahan perbincangan hangat selama beberapa bulan terakhir karena konsepnya yang menggiurkan, namun tak banyak orang mengerti bagaimana mendeskripsikan agar konsep tersebut bisa dijual. Namun bos Xbox, Phil Spencer lebih memahami hal yang selama ini mereka jual dengan iming-iming mimpi baru di dunia virtual tersebut hanya sebagai omong kosong belaka.

Berbicara kepada Forbes, Phil Spencer menjelaskan bahwa selama ini Metaverse hingga NFT dipromosikan sebagai utopia baru dengan barang digital yang miliki harga di dunia nyata yang akan menguntungkan perusahaan saja dan bukan pemainnya.

Baca Juga: Microsoft Goda Empat Game Baru Rilis untuk Bisa Dimainkan di Xbox Game Pass PC

Phil Spencer melihatnya dari kacamata gaming bahwa Play Anywhere milik Xbox lebih miliki ‘konsep yang mendekati’ Metaverse dibanding Virtual Reality dengan dunia dan janji fananya tersebut. Menurutnya konsepnya sama karena Play Anywhere bahwa pemain bisa memainkan game dan merasakan dunianya di layar manapun.

Konsep Metaverse juga telah ada sebenarnya di video game, dan hal ini tanpa disadari memang telah membuat banyak pemainnya lelah mengikuti perputaran uang di pasar digitalnya sendiri.

Game seperti Minecraft atau Roblox (meskipun Roblox saat ini alami masalah karena pekerjakan anak di bawah umur untuk memanfaatkan kreatifitas mereka) miliki kesamaan dengan konsep dunia Metaverse. Di mana pemain bisa membuat apapun di dunianya sesuai imajinasinya sendiri.

Baca Juga: Bos Xbox Punya Harapan Lebih untuk Masa Depan Emulasi Video Game

Namun ini semua jauh dari konsep Metaverse yang dicanangkan Facebook dengan Virtual Reality-nya atau blockchain mata uang kripto. Semua hanya tentang perusahaan yang berusaha menghasilkan pendapatan dan mencoba untuk mengambil alih fase selanjutnya dari internet terlebih dahulu.

Editor: Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Star Wars Jedi Survivor Ditunda, Sampai Kapan?

Rabu, 1 Februari 2023 | 08:00 WIB

Apex Legends Mobile Ditutup EA Bulan Mei

Rabu, 1 Februari 2023 | 07:41 WIB
X