Developer Black Desert Kesulitan Tembus Pasar Global dengan Cerita yang Bagus

- Minggu, 9 Januari 2022 | 16:00 WIB
Credit: Pearl Abyss
Credit: Pearl Abyss

Diorama.id – Bersinar di gameplay namun redup di cerita adalah kalimat yang bisa mendeskripsikan Black Desert buatan Pearl Abyss. Hal ini karena sulitnya mereka untuk menulis cerita yang disukai oleh banyak orang.

Berbicara kepada Washington Post, co-founder Pearl Abyss Dae-Il Kim mengaku betapa sulitnya menembus pasar global dengan cerita yang bagus di Black Desert.

Baca Juga: Dibiayai Netmarble, MOBA dari Paragon, Overprime Pamerkan Trailer Epik

Meskipun Black Desert sangat sukses berkat animasi dan semua detail mekanik gameplaynya, salah satu pendiri Pearl Abyss tersebut jelaskan bahwa setiap budaya di setiap negara menggemari cerita yang berbeda.

Kim melanjutkan bagaimana budaya mempengaruhi kegemaran player Black Desert di setiap negara tak hanya dari bagaimana mereka bercerita dalam gamenya. Menurutnya gestur dan suara untuk mengekspresikan diri juga sangat berpengaruh di budaya yang berbeda.

Ketika ditanya kenapa Pearl Abyss fokuskan diri ke pasar global, Kim menjawab bahwa ini karena pasar game di Korea Selatan masih didominasi mobile. Kendati demikian, ia yakin bahwa generasi muda saat ini lebih menyukai PC dan console.

Baca Juga: Mantan Director Days Gone: Kami Diminta Membuat Game Syphon Filter Remake oleh Sony

Menurutnya, player di platform yang berbeda sangat berbeda dan pasar gaming di Korea Selatan sangat sulit untuk didekati. Ia merasa bahwa semakin sulit untuk membuat game yang sukses di Korea, oleh karenanya Pearl Abyss kini fokus untuk membuat game ke pasar global.

Halaman:

Editor: Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X