Software Mirip Emulator Ini Bisa Jalankan Game PSVita di Nintendo Switch

- Senin, 7 Maret 2022 | 11:00 WIB
Credit: Modern Vintage Gamer @YouTube
Credit: Modern Vintage Gamer @YouTube

Diorama.id – Emulator menjadi salah satu alternatif jika mesin console telah berhenti dikembangkan dan dipasarkan. Umumnya, emulator bisa dijalankan di PC, namun developer yang satu ini mencoba mengembangkannya untuk console.

Seorang developer asal Spanyol bernama Sergi Granell dengan usernamenya bernama Xerpi baru saja membuat software layaknya emulator dari PSVita untuk bisa dijalankan di Horizon OS, sistem operasi milik Nintendo Switch dengan nama vita2hos.

Dengan metode ‘translation layer’ yang Granell sebut, ia mengatakan bahwa player akan bisa memainkan game dari PSVita di Nintendo Switch.

Baca Juga: Informasi Hardware Nintendo Switch Baru Mengemuka, Dukung Ray Tracing

Meskipun demikian, Granell bersikukuh bahwa yang ia buat bukanlah emulator seperti yang dikembangkan oleh banyak developer saat ini. Ia menjelaskan secara teknis bahwa ketika Vita executable dijalankan, vita2hos miliknya akan arahkan proses tersebut ke Horizon OS.

Dengan melakukan sistem tersebut, Vita executable bisa dijalankan di sistem operasi Nintendo Switch tersebut secara native tanpa melalui proses emulasi seperti yang dilakukan emulator.

Modern Vintage Gamer menunjukkan bagaimana vita2hos milik Granell beraksi di Nintendo Switch, bagaimana ia bisa memainkan tech demo milik PSVita di console hybrid tersebut. Namun sayangnya, Modern Vintage Gamer menjelaskan bahwa tidak ada game yang saat ini bisa dimainkan di Nintendo Switch menggunakan vita2hos.

Baca Juga: Streamer Kalahkan Bos Elden Ring Gunakan Ring Fit Nintendo Switch

Halaman:

Editor: Ayyadana Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Voice Chat Discord Siap Hadir di Xbox

Kamis, 21 Juli 2022 | 14:30 WIB

Tak Sia-Sia! Xbox Series Kembali Laris di Jepang

Senin, 11 Juli 2022 | 11:00 WIB

NieR Automata Konfirmasi Masuk Nintendo Switch

Rabu, 29 Juni 2022 | 12:00 WIB

Sah! Nintendo Direct akan Digelar Malam Ini

Selasa, 28 Juni 2022 | 14:00 WIB

Seorang YouTuber Membuat PS5 Slim Pertama di Dunia

Selasa, 21 Juni 2022 | 11:00 WIB
X