Pendiri Eidos: Ketertarikan Sony Jadi Alasan Penjualan Studio Barat Square Enix

- Rabu, 27 Juli 2022 | 11:00 WIB
Guardians of the Galaxy (Eidos Montreal, Square Enix)
Guardians of the Galaxy (Eidos Montreal, Square Enix)

Penjualan studio barat oleh Square Enix diduga karena Sony tertarik dengan publisher Final Fantasy.

Diorama.id – Beberapa bulan lalu Square Enix memutuskan untuk menjual tiga studio barat mereka: Square Enix Montreal, Eidos Montreal, dan Crystal Dynamics serta semua game yang mereka tangani ke Embracer Group.

Penjualan studio barat ini diakui Square Enix demi fokuskan mereka untuk kembangkan game dan studio mereka yang berada di Jepang. Namun mereka masih memiliki judul game barat seperti Just Cause, Life is Strange, dan yang lain dan berjanji masih akan kembangkannya.

Meskipun demikian, analis industri video game sepakat bahwa penjualan studio barat milik Square Enix ke Embracer Group dengan harga murah merupakan strategi mereka agar mereka lebih mudah diakuisisi oleh perusahaan lain. Salah satunya adalah Sony.

Baca Juga: Dijual Square Enix, Eidos Montreal Masih Punya Banyak Proyek Unreal Engine 5

Senada dengan para analis, pendiri Eidos Montreal, Stephane D’Astous mengatakan bahwa ketertarikan Sony bisa jadi alasan kenapa Square Enix menjual studio barat mereka.

Berbicara dengan GamesIndustry, D’Astous menjelaskan bahwa ia mendengar rumor bahwa Sony sangat tertarik untuk akuisisi Square Enix Tokyo, namun tidak tertarik untuk cabang perusahaan mereka yang lain. Oleh karenanya Square Enix ‘jual rugi’ studio barat tersebut.

D’Astous juga menjelaskan bahwa harga studio seperti Eidos Montreal dengan lebih dari 1000 karyawan lengkap dengan game-nya terbilang sangat murah.

Halaman:

Editor: Ayyadana Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut Apa Saja Fitur Versi PC Gotham Knights

Rabu, 28 September 2022 | 10:19 WIB

Terduga Hacker GTA 6 Mengaku Tak Bersalah

Rabu, 28 September 2022 | 09:04 WIB
X