Dianggap Ganggu Keamanan Negara, PUBG dan TikTok Diblokir di Afghanistan!

- Jumat, 23 September 2022 | 17:36 WIB

Diorama.id - Jika ada game yang paling sering menjadi diblokir dan dianggap kontroversial di era modern ini, maka jawabannya adalah PUBG.

Pasalnya, setelah mengalami berbagai pemblokiran di berbagai negara seperti India, Pakistan dan China, kali ini giliran Afghanistan yang memblokir game bergenre battle royale tersebut.

Dilansir dari Khaama Press, Kementerian Telekomunikasi Afghanistan menyebutkan bahwa pihaknya secara resmi memblokir akses untuk game PUBG, baik untuk platform console, PC, dan mobile.

Pemblokiran game garapan Krafton tersebut akan berlaku selama 3 bulan kedepan, dimana akan secara resmi berakhir pada awal tahun 2023 mendatang.

Selain PUBG, TikTok juga harus diblokir di Afghanistan. Dimana aplikasi berbagai video asal China tersebut dianggap mengancam keamanan negara.

Berdasarkan studi dan survey yang dilakukan oleh pemerintah Afganistan, bahwa PUBG dan TikTok adalah aplikasi yang paling sering digunakan oleh muda-mudi, baik pria dan wanita di negara tersebut.

Ancaman keamanan muncul dikarenakan banyak dari anak muda di Afghanistan menggunakan Virtual Private Network atau VPN untuk mengakses kedua aplikasi tersebut.

Menurut Kementerian Komunikasi dan otoritas penegak hukum di Afghanistan penggunaan VPN adalah tindakan melanggar aturan.

Halaman:

Editor: Andi Permana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PS5 Jailbreak Jadi Kenyataan

Senin, 3 Oktober 2022 | 11:48 WIB

Kode Redeem Destiny Girl Terbaru Oktober 2022!

Senin, 3 Oktober 2022 | 04:00 WIB
X